Selasa, 12 April 2016

Alat Tulis Untuk Kaligrafi

Sebelum menulis kaligrafi, tentu saja memerlukan persiapan yang matang dan peralatan yang lengkap mulai dari alat tulisnya, kertas yang akan dipakai dan juga tintanya. Dibawah ini adalah beberapa jenis pensil yang dapat memudahkan dalam penulisan kaligarfi:

Pensil Tunggal

Membuat kaligrafi dengan pensil khat yang dibuat secara khusus
duduul.com
Jika ingin menggunakan pensil ini untuk langsung praktek, maka gunakanlah pensil ini merupakan pensil khusus yang hanya ada dalam penulisan kaligrafi. Ujung dari pensil tersebut harus dipotong dengan sudut miring sektar 35-40 derajat. Pemotongannya dapat menggunakan silet atau cuuter.

Pensil Carpenter

pensil carpenter yang termasuk dalam alat tulis membuat kaligrafi
www.pencilrevolution.com
Pensil tukang kayu yang biasanya dijual di toko-toko bangunan terdekat. Karena ujung pensil ini lebar dan berbentuk persegi panjang dan usahakan untuk memilih pensil yang H atau keras. Sama dengan yang paling atas, agar memotong ujungnya dengan sudut kemiringan 30-45 derajat.

Pulpen Khusus Khat

pulpen khat yang banyak dijual di toko-toko besar alat tulis
seni-khat.blogspot.com
Di toko-toko buku besar biasanya menyediakan pulpen khusus untuk menulis khat. Pulpen dan tintanya dijual terpisah, jadi jangan lupa untuk membeli tintanya. Biasanya pulpen khat ini sudah standar penulisan khat pada umumnya, jika terasa kurang pas untuk menulis anda dapat memotongnya kembali dengan cutter dengan hati-hati agar mata pena tidak rusak.

Cara Menulis Kaligrafi

Nah bagi yang tertarik untuk belajar kaligrafi pastinya diperlukan cara yang tepat dan metode yang pas agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Berikut beberapa metode agar menulis kaligrafi menjadi bagus:

Buat Garis Sketsa dan Penempatan Huruf Secara Umum

garis bayang mempermudah membuat kaligrafi
hamidmtk.blogspot.com
Jika ingin mudah dalam membuat kaligrafi agar membuat garis bayang yang menjadi patokan dalam penulisan kaligrafi. Awalnya mungkin hanya sebagai latihan, nantinya jika sudah terbiasa maka garis-garis bayang tadi sudah tergambar dalam benak pikiran.

Peganglah Alat Tulis Dengan Posisi yang Nyaman

Agar mendapatkan hasil yang sempurna harus memposisikan tangan dengan alat tulis dalam posisi yang benar-benar nyaman untuk menulis. Pada awalnya pasti bingung dan berganti-ganti posisi menulis yang pada akhirnya akan menemukan cara menulis yang paling nyaman.

Membuat Contoh Sketsa Kaligrafi yang Akan Dibuat

Cara membuat kaligrafi dengan memperhatikan setiap kaidah tulisan khat
www.behance.net
Agar mendapatkan hasil maksimal harus memiliki contoh setiap huruf-huruf yang akan ditulis, hal ini akan meminimalisir kesalahan dalam penulisan. Jangan menulis terlalu lambat hal ini akan mengakibatkan terlalu banyak tinta yang keluar dan membuat kertas menjadi becek.
Biarkan tinta mengering terlebih dahulu sebelum memegang tulisan yang sudah jadi. Usahakan agar tumit dari tangan tidak menyentuh kertas karena dapat menyebabkan tulisan yang sudah tertulis menjadi tercoreng.

Gunakan Tekanan Untuk Mengendalikan Lebar Garis

Panjang dan lebar tulisan kaligrafi haruslah pada kaidahnya dan jangan sembarang nulis. Dengan mengendalikan sudut alat tulis dengan metode tekanan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Mata pena yang berbeda akan sangat membantu dalam membuat ketebalan garis yang berbeda.
  • Gunakan urutan gerakan yang benar
Gunakan kaidah yang benar dalam pembuatan kaligrafi yang bagusSetiap huruf ada gerakan tersendiri dalam penulisannya dan pada dasarnya hampir semuanya berbeda. Urutan coretan yang asal-asalan akan sangat berpengaruh pada hasil dari kaligrafi. Lihatlah kembali buku contoh kaligrafi agar meminimalisir kesalahan.

Sering-sering Melatih Tulisan

Dengan berlatih secara istiqomah maka akan menghasilkan sebuah karya yang bagus juga. Ini merupakan cara belajar efektif agar cepat menguasai penulisan kaligrafi.
Jiplak Karya Orang Lain
Jika masih dalam masa pelatihan tidak ada salahnya untuk menjiplak hasil karya orang lain. Nantinya jika sudah dapat menguasai penulisan dengan baik, maka bersiaplah berkarya agar hasil karyanya dapat dicontoh oleh orang lain.

Gunakan Kertas yang Tebal dan Terbaik

Untuk meningkatkan hasil dari kaligrafi, gunakan kertas terbaik dan tebal agar dapat membuat sebuah maha karya kaligrafi yang luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar