Selasa, 12 April 2016

Teknik Dalam Membuat Kaligrafi

Bila anda mendengar kata kaligrafi maka akan tertuju langsung pada tulisan arab yang sangat indah.Bagi anda yang tertarik untuk mendalami kaligrafi, maka anda perlu terlebih dahulu mengenal tentang kaligrafi terlebih dahulu. dengan begitu anda bisa lebih mendalami tentang kaligrafi arab.dapun jenisnya kaligrafi tersebut sangatlah banyak sekali, Di Indonesia sendiri, seni kaligrafi sangat identik dengan seni kaligrafi arab yang dimulai dengan masuknya agam Islam ke Indonesia. banyak tempat – tempat pendidikan islami  terutama di pondok pesantren yang mengajarkan cara membuat kaligrafi arab. Untuk membuat kaligrafi yang indah dan berkualitas, perlu latihan yang telaten agar dapat menguasai teknik membuat kaligrafi. membuat sebuah kaligrafi bukan cuma indah dan cantik tapi harus tetap dapat di baca dan mempunyai makna , jadi tidak cuma asal – asalan .
kaligrafi arab
Tehnik Kaligrafi Arab
Peralatan
Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini memudahkan orang dalam membuat kaligrafi. banyak media pendukung untuk membuat sebuah karya kaligrafi contohnya dengan computer.dengan computer anda bisa membuat kaligrafi meski tingkat kesulitannya tinggi , bila menggunakan tangan. meski demikian membuat dengan computer bukan berarti bisa melebihi dengan menggunakan tangan akan nilai keindahannya,menggunakan tangan  akan lebih alami dan manusiawi  yang selalu jadi incaran para pecinta kaligrafi. Kaligrafi pen juga bisa menghasilkan kwalitas yang bagus , bila cara pengguanaanya tepat .  bisa menghasilkan kaligrafi yang menorehkan asma Alloh dan kalimat Alloh dengan indah dan berkwalitas tinggi.Pada zaman dahulu dimana pertama kali seni kaligrafi di buat dengan menggunakan pelepah, bulu burung serta bulu baqi.Untuk menggunakan kaligrafi dengan menggunakan pelepah, bulu burung dan buluh membuat proses mencelup dakwat yang lebih kerap karena biasanya cepat menyerap dakwat. Untuk membuat buluh kaligrafi, maka pada bagian ujung buluh diraut sedemikian rupa agar membentuk dan menghasilkan bentuk mata pen yang berbeda. Masing-masing buluh memiliki ukuran yang berbeda agar dapat menghasilkan ketebalan huruf yang berbeda pula. Seiring dengan kemajuan zaman, maka saat ini terdapat berbagai macam jenis kaligrafi pen yang beredar dan banyak dijumpai di pasaran sehingga memudahkan para pembuat kaligrafi untuk membuat kaligrafi yang indah tanpa harus memikirkan membuat buluh sendiri dengan tinta dakwat yang bisa disimpan untuk masa jangka waktu yang lama. Bahkan bagi anda yang bertangan kidal, terdapat pula kaligrafi pen yang ditujukan untuk artisan kaligrafi yang bertangan kidal agar lebih mudah membuat kaligrafi. Bila anda kesulitan mencari kaligrafi pen di toko alat tulis dekat anda, maka bisa dicari di internet. Ada banyak jenis kaligrafi pen dengan merek dan kualitas yang berbeda yang ditawarkan. Biasanya untuk satu set kaligrafi pen, terdapat beberapa jenis kaligrafi pen dengan ukuran dan mata pen yang berbeda untuk fungsi yang berbeda pula. Selain itu, ada pula jenis kaligrafi pen muali dari nib pen, bamboo/ reed pan, felt tip pen, maupun pensil kaligrafi. Masing-masing jenis pen ini memiliki keunggulan tersendiri yang bisa menyokong keahlian menulis kaligrafi anda mulai dari pemula hingga expert.
kaligrafi unik
Nib Pen
Kaligrafi  modern biasanya menggunakan kaligrafi nip pen, nip pen sendiri terbuat dari baja dan dimasukkan ke dalam wadah yang terbuat dari kayu dan hasilnya kaligrafi yang menggunakan nip pen lebih bagus dari pada menggunakan pena bambo. Terdapat dalam berbagai ukuran dan cara penggunaannya dngan mencelupkan ujung pena ke dalam tinta terlebih dahulu. Saat memilih pena, pastikan bahwa ujung pena benar-benar datar agar hasilnya sempurna saat menulis kaligrafi. Apabila dirawat dan dibersihkan dengan baik setelah digunakan, maka Nib pen bisa bertahan hingga berbulan – bulan bahkan bertahun- tahun.
Pensil Kaligrafi
Pensil kaligrafi adalah alat menulis kaligrafi yang sangat ekonomis dan mudah didapat. Terdapat dua metode dalam menggunakan pensil untuk menulis kaligrafi. Bisa menggunakan pensil tunggal dengan teknik yang benar serta dengan menggunakan dua pensil menggunakan pengaturan tertentu, bisa juga dengan menggunakan pensil tukang kayu. Berikut adalah teknik menggunakan pensil kaligrafi. Jika anda ingin menggunakan pensil tunggal, gunakan pensil 2H untuk belajar yang terpenting pada ujung pnesil dibentuk pada sudut kemiringan 35 hingga 40 derajat. Untuk mengasah pensil ini, gunakan pisau jangan menggunakan rautan pensil. Untuk menggunakan dua pensil gabungkan dua pensil 2H bersama menggunakan selotip atau band elastic. Atur pula sudut kemiringan sebesar 35 hingga 40 derajat dengan titik masuk yang lebih tinggi pada sisi kiri sekitar ¼. Kemudian adalah pensil tukang kayu atau carpenter pencil. Pensil tukang kayu ini memiliki pusat yang luas dan persegi anjang sehingga ccok untuk melukis kaligrafi. Menggunakan pensil yang keras atau H lebih baik daripada menggunakan pensil yang lembut. Gunakan selalu pisau untukmempertajam ujung dan sudut kemiringan 35 hingga 40 derajat.
Felt Tip Pens
Pena ini merupakan pena khusus untuk menulis kaligrafi dengan ujung yang berbentuk lebar sehingga sangat cocok untuk membuat karya kaligrafi. Untuk menggunakan pena ini tersedia di toko perlengkapan menulis maupun toko seni. Terdapat lebar nib yang berbeda dimulai dari 1.0, 2.0. serta 3.0. pilih seusai dengan kebutuhan dalam menulis kaligrafi anda.
Bambu / Reed pens
Kita bisa membuat pensil kaligrafi sendiri dengan menggunakan bamboo atau dengan membeli pensil bamboo kaligrafi yang tersedia di toko alat tulis. Untuk membuat pena kaligrafi dari bamboo bisa dibuat dengan cara berikut ini:
Pilihlah bamboo dengan ukuran kecil yang kemudian dipahat dan di silet untuk membuat pena. Potong ke bawah membentuk mata pena dengan sudut kemiringan 45 derajat. Lalu ratakan ujung bamboo yang sudah dipotong menggunakan gunting atau pisau, kini pensil bamboo kaligrafi siap digunakan.
Permanen Marker
Menggunakan permanent marker untuk membuat karya kaligrafi bisa digunakan dengan membuat pensil atau spidol permenen menjadi pensil kaligrafi dengan cara membentuk mata spidol dengan sudut kemiringan 35 hingga 40 derajat.
Kaligrafi Set Pen
Bagi anda yang tak ingin repot membentuk pena kaligrafi, maka bisa dengan membeli pen kaligrafi yang sudah tersedia. Namnu meski begitu, anda harus menyiapkan untuk merogh kocek yang dalam untuk membeli satu set pena kaligrafi karena biasanya pena kaligrafi set ini dijual dengan kisaran harga antara 1,5 juta hingga 2,7 juta. Setelah mengetahui banyak macam alat untuk menulis kaligrafi, jangan lupa untuk merawat pena kaligrafi anda dengan benar agar awet dan tahan lama. Selain itu, dengan perawatan yang tepat akan membuat hasilnya lebih terjaga kualitasnya.
Cara Membersihkan kaligrafi pen
Jika memiliki kaligrafi pen maka sangat penting untuk selalu membersihkan kaligrafi pen agar tidak ada sisa tinta yang mengering di dalam saluran pen sehingga menyebabkan sumbatan pada tinta dan menyebabkan hasil kaligrafi kurang maksimal. Bila anda membeli pensil kaligrafi yang beredar seperti di set pena kaligrafi,mungkin tidak masalah karena sudah dilengkapi dengan tutup sehingga terhindar dari tinta yang kering. Meskipun begitu, tetap harus dibersihkan agar aliran tinta tetap lancar dari waktu ke waktu. Apabila menggunakan bamboo untuk menulis kaligrafi atau pensil yang lain yang tanpa tutup serta harus mencelupkan tinta terlebih dahulu, maka membersihkan saluran tinta adalah kunci untuk menjaga kualitas dan performa dari pensil tersebut. Setiap kali dipakai, ujung pena harus selalu dibersihkan terlebih dahulu. Cara yang paling mudah untuk membersihkan ini adalah dengan membilas ujung pena dengan menggunakan air hangat yang suam suam kuku dan mengalir. Jangan merebus ujung pena kemudian biarkan hingga kering atau bisa di lap sebeum disimpan untuk memastikan tidak ada air yang tersisa agar terhindar dari jamur. Apabila ada tinta yang sudah mengering dan sulit untuk dibersihkan , maka gunakan sedikit cairam ammonia yang dicampur dengan air. Bisa juga menggunakan cairan pembersih kaca yang dapat digunakan untuk membersihkan kotoran yang membandel.
Cara Menulis Kaligrafi Dengan Pen
Untuk menulis kaligrafi dengan kaligrafi pen, maka ada teknik yang tepat untuk menulis kaligrafi dengan menggunakan kaligrafi pen. Untuk menulis kaligrafi dengan kaligrafi pen, maka pegang kaligrafi pen dengan sedikit condong. Untuk mendapatkan ketebalan tulisan, maka bergantung pada pemilihan ujung mata pen yang berbeda. Biasanya bentuk mata pen yang berbeda akan menghasilkan ketebalan dan tulisan yang berbeda pula. Selain itu, pada pergerakan pen, maka bisa dilihat pula perbedaan ketebalan pen yang dihasilkan melaui garis lengkung maupun datar yang terlihat. Ketinggian lengkung akan menghasilkan ketebalan maupun efek yang berbeda dengan ukuran mata pena yang berbeda pula. Condongkan mata pena sekitar 30 hingga 40 derajat untuk mendapatkan efek tulisan italic dalam kaligrafi.
Bila anda tidak mempunyai bakat tapi suka akan kaligrafi anda tak perlu kwatir sekarang ada aplikasi kaligrafi toolyang bisa anda download dari komputer. dengan begitu anda bisa membuat karya kaligrafi tanpa susah payah dan hasilnya sangat memuaskan.. Meski pun hasilnya mungkin berbeda karena tercipta karya yang desain dari computer. Akan sangat bagus apabila belajar menulis kaligrafi dengan banyak berlatih dan mencari ide baru dengan desain dan kreasi baru sehingga tidak pernah bosan dan selalu mengingat akan kebesaran Alloh SWT. Kaligrafi bukan hanya satu keindahan seni saja, namun juga sebagai pengingat akan sang Maha Pencipta dan menjadi sesuatu yang akan selalu menjaga hati kita setiap kita melihat kalimat Alloh dalam karya kaligrafi. Tak perlu mahal dan ekslusif, karya sederhana sekalipun akan menggetarkan kalbu setiap insan yang melihatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar